Penguatan Terbatas Bagi Harga Emas

Penguatan Terbatas Bagi Harga Emas

Pada perdagangan komoditas emas di siang hingga sore hari ini pada bursa komoditi logam mulia yang memasuki pasar London di mana harga emas saat ini masih bergerak menguat namun tipis di saat sentimen perang dagang yang melemah dan sisi pengusiran diplomat Rusia.

Sisi penguatan emas juga masih ada meski tipis-tipis, setelah Presiden Trump mengganti penasehat keamanan nasional Gedung Putih dari Jenderal Herbert Raymond McMaster dengan seorang tokoh garis keras John Bolton yang sering kali menyarankan untuk menyelesaikan masalah Korea Utara dan Iran dengan menggunakan kekuatan militer. AS sendiri akan mengusir 60 diplomat Rusia sebagai bentuk solidaritasnya kepada Inggris. Inilah yang membuat investor lebih khawatir dengan pergerakan Presiden Trump yang bisa memanaskan potensi geopolitik dunia sehingga muncul aksi safe haven.

Alhasil membuat harga emas kontrak Juni di bursa berjangka New York Mercantile Exchange divisi Comex sementara menguat $0,20 atau 0,01% di level $1361,10 per troy ounce. Untuk harga perak kontrak Mei di Comex untuk sementara menguat $0,10 atau 0,60% di level $16,79 per troy ounce.

Sebelumnya nilai emas mengalami penguatannya di perdagangan kemarin di mana situasi ini dipengaruhi oleh Presiden Trump menandatangani paket deregulasi fiskal yang baru, berupa pembatasan impor dari China yang bisa mencapai nilainya $50 milyar dengan menggunakan dasar bahwa China telah banyak melanggar hak intelektual pihak AS.

Dan China pun langsung bereaksi untuk melawan kebijakan proteksi dari AS tersebut dengan cara ingin memberikan tarif tambahan sekitar 15% hingga 25% terhadap kurang lebih 128 produk dari AS dengan nilai sekitar $3 milyar. Kondisi ini tentu membawa dampak akan terjadinya perang dagang dan bukan berita bagus bagi greenback sehingga menimbulkan safe haven.

Namun ternyata, secara diam-diam pihak AS dan China sedang berunding di bawah meja dan tidak banyak diketahui media, di mana mereka berunding untuk memberi akses yang lebih banyak bagi produk-produk AS seperti pengurangan tarif bea masuk produk mobil AS ke China dan memperbesar pembelian produk semikonduktor oleh China serta akses kepemilikan jasa perbankan China oleh AS. Rupanya tekanan Trump kemarin itu merupakan taktik belaka untuk membawa China ke meja perundingan yang lebih menguntungkan bagi AS.

Dan Perdana Menteri China, Li Keqiang pun segera memerintahkan bahwa kedua belah pihak untuk duduk bersama melakukan negosiasi ulang terhadap beberapa kebijakan bisnis kedua belah pihak. Situasi ini membuat sentimen perang dagang sedikit tereliminasi sehingga pasar ekuitas Eropa siang ini agak membaik dan emas sedikit tertahan penguatannya.

Sumber berita: Reuters, Investing, Kitco, Bloomberg, ForexSignal88.com, CNBC

Sumber gambar: Reuters

Share this post