TIPS MENGHEMAT PENGELUARAN SAAT MEMILIKI BAYI

TIPS MENGHEMAT PENGELUARAN SAAT MEMILIKI BAYI

Tepat setelah melahirkan buah hati pertama, Anda mungkin panik dan bergantung pada kebiasaan belanja serta kebutuhan perawatan si kecil, mulai dari pakaian, aksesori bayi, sepatu, sampai stroller lucu. Hingga suatu saat Anda menyadari bahwa tunggakan kartu kredit Anda mulai melonjak. Inilah hal yang tidak terduga bagi kebanyakan ibu baru. Beberapa tips ini bisa jadi referensi Anda.

Survei ruang persalinan
Sebelum menyisihkan dana untuk persalinan nanti, ada baiknya Anda dan pasangan lakukan survei tarif setiap rumah sakit. Pertimbangkan juga jarak tempuh dan mobilitasnya dari rumah. Bandingkan pula fasilitas dari masing-masing kelas di klinik atau rumah sakit. Misalnya, kelas 1 di rumah sakit A ternyata lebih mahal dibanding rumah sakit B. Dengan begitu Anda dan pasangan dapat mempertimbangkan keduanya dari segi jarak, pelayanan, kelas, hingga tenaga medis.
 
Hindari membeli pakaian bayi jauh-jauh hari
Bayi yang baru lahir bisa saja mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Misalnya, Anda membeli pakaian 5 bulan sebelum melahirkan. Eh.. tidak disangka setelah melahirkan ternyata pertumbuhan si kecil benar-benar cepat. Akhirnya setumpuk pakaian baru si kecil hanya dipakai sebentar saja.
 
Biaya menyusui
Bagi Anda ibu bekerja jangan pasrah hanya memberikan susu formula untuk si buah hati. Pertimbangkanlah, ASI jauh lebih sehat dari susu formula lainnya. Tidak hanya sehat, Anda juga bisa menghemat biaya pembelian susu formula selama berbulan-bulan lamanya. Cukup hanya dengan membeli pompa ASI untuk persediaan si kecil.
 
Barang dobel fungsi
Jangan hanya terbuai dengan gambar dan corak yang lucu saja, tapi carilah perlengkapan dan aksesori yang bisa digunakan ke depannya. Misalnya, Anda membeli tempat tidur untuk bayi, biasanya hanya bisa dipakai sekali saja ketika si kecil masih bayi. Sebaiknya, pilihlah tempat tidur yang bisa dipakai untuk anak balita juga sehingga bisa digunakan sampai buah hati Anda balita.
 
Bergabung dengan komunitas
Ikuti komunitas yang bermanfaat untuk Anda dan keluarga. Misalnya, Anda mengetahui bahwa di komplek rumah ada kelas parenting, atau yoga ibu dan bayi setiap minggunya secara gratis. Buatlah jadwal untuk mengikuti kelas tersebut bersama keluarga, dengan begitu Anda dapat menghemat anggaran biaya konsultasi.

Sumber : https://www.ayahbunda.co.id

Share this post